My Blog List

Sponsor

Tuesday, July 14, 2009

Automatic Read More


read more
Read more. Siapa sih blogger yang tidak mengenal dengan istilah yang satu itu. Saya yakin semua blogger pada umumnya mengenal istilah tersebut. Benar, read more merupakan salah satu trick atau sering disebut hack pada blogger yang berfungsi untuk menampilkan hanya sebagian saja dari artikel yang dibuat pada halaman utama. Lah kok hanya sebagian? padahal artikel yang dibuat penuh kok? apa sebagian lagi menghilang kalau pake trick atau hack ini? Tentu saja sebagian artikel lagi tidak hilang, melainkan disembunyikan (bukannya digendong mbah surip yah).

Seperti yang saya utarakan sebelumnya bahwa read more berfungsi untuk menampilkan sebagian saja dari artikel yang kita buat pada halaman utama blog kita. Dan ketika pengunjung meng-klik url dari artikel kita, maka akan muncul artikel secara penuh. Ada beberapa jenis read more yang digunakan oleh para blogger. Ada yang manual, dan ada juga yang automatis. Read more yang manual maksudnya yaitu trick read more yang akan berfungsi kalau ketika kita menyisipkan kode <span class='fullpost'> dan </span> pada artikel yang kita tulis. Sedangkan automatic read more sebaliknya, trick ini akan berhasil tanpa harus menyisihkan kodok ups.... kode apapun dalam artikel kita.

Dalam artikel ini, saya ingin berbagi mengenai trick "automatic read more" buat blog kita. Untuk menerapkan trick ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan dengan template kita. Wah harus utak-atik kode html template dulu nih. yup, tapi jangan pusing dulu, soalnya langkah-langkah yang harus diperbuatnya gak sulit kok. alias gampang banget.

Instalasi Trick Automatic Read More


  • Masuk kedalam akun blogger sobat
  • Klik tombol "Layout"
  • Klik tombol "Edit HTML". Jangan lupa centang option "Expand Widget Template"
  • Setelah itu masukan kode berikut sebelum kode </head>


  • Setelah itu cari kode berikut ini <data:post.body/>. Biar mudah dalam mencarinya, tekan aja tombol ctrl+F kemudian masukkan kode tersebut dan tekan "next"
  • Setelah menemukannya, kemudian ganti kode tersebut dengan kode dibawah ini.

  • Nah mudah bukan. Selamat mencoba dan mudah-mudahan berguna buat kita semua.
    Salam

    tipsandcara

    Print this post
    Bookmark this post:
    StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist Technorati Reddit


    3 comments:

    [+/-]Click to Show or Hide Old Comments

    Unknown on July 18, 2009 at 2:57 PM said...

    kalau readmore yang pake gambar atau icon gimana sobat.?
    Terima kasih udah berbagi disini.

    jopi on September 27, 2009 at 12:47 PM said...

    wah akhirnya bisa bikin read more di blog saya,sebelumnya kode kode read more yang saya terima gag pernah bisa dipakai.setelah menggunakan kode kakak,saya bisa pasang read more lho.thanx

    mas raden on June 4, 2011 at 6:54 PM said...

    saya sudah membuat auto readmore ini, tapi pada penerapannya halaman lain ikut terpotong readmore, . . punya solusi ndak gan??

    [+/-]Show or Hide Comments

    Post a Comment

    My Banner

    Loud Launch Site Disclosure Statement

    I have received financial compensation for some of the posts on your blog (in keeping with current FTC Regulations) as some posts are paid posts.
     

    Copyright 2009 All Rights Reserved Magazine 4 column themes by One 4 All